GEBYAR E COMMERCE 2018

Friday, May 18, 2018

MENGENAL JENIS-JENIS ALERGI SINAR MATAHARI & CARA PERAWATAN KULITNYA


Alergi terhadap matahari disebabkan oleh reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap sinar matahari yang dicirikan dengan ruam memerah di kulit yang terpapar sinar matahari. Apa saja jenis alergi matahari dan bagaimana perawatan kulit yang tepat?

Jenis Alergi Matahari
Jenis alergi yang cepat timbul akibat paparan sinar matahari adalah solar urticaria. Dalam beberapa menit setelah terpapar sinar matahari, kulit akan terasa gatal-gatal. Namun, pada umumnya ini jarang terjadi karena alergi tersebut biasanya hanya dirasakan oleh para wanita dari etnis kulit putih (Kaukasia).
PMLE (polymorphous light eruptions) merupakan jenis alergi matahari yang biasa terjadi dan sering mempengaruhi orang-orang dari semua ras dan segala usia. Gejala ini akan membutuhkan waktu lama hingga terlihat pada wajah, yaitu diamati terlebih dahulu selama 2 jam setelah terkena sinar matahari. Jika terlihat bentuk alergi matahari berupa ruam memerah, maka kulit akan terasa gatal dan terbakar.
Actinic prurigo atau penyakit turun-temurun dari PMLE biasanya diteliti pada orang-orang dari etnis American Indian, dan gejala ruam hanya tampak pada bagian wajah. Alergi matahari juga bisa disebabkan karena penggunaan bahan kimia pada wajah atau hal yang tidak sengaja tertelan mengonsumsi bahan kimia ke dalam tubuh, yaitu disebut photoallergic eruption. Jenis alergi ini dapat terjadi pada kulit normal yang sebelumnya tidak mengalami paparan sinar matahari secara langsung.

Gejala Alergi Matahari
Gejala umum akibat alergi sinar matahari adalah kulit akan terasa sakit, terbakar, memerah bahkan gatal-gatal. Selain itu, juga muncul lecet, benjolan dan belang pada area kulit yang langsung terkena paparan sinar matahari. Pada beberapa kasus, begitu ada tanda-tanda pertama alergi matahari yang diabaikan dan serangan sinar matahari pun berkelanjutan, maka akan cepat menimbulkan gejala kulit kasar dan mengeras.

Cara Perawatan Kulit Akibat Alergi Matahari
Lebih dari 15% penduduk Amerika terserang penyakit kulit PMLE akibat lamanya terpapar sinar matahari. Tergantung pada gejalanya, Anda dapat menggunakan krim tropikal dari dokter kulit atau ahli dermatologis, tetapi untuk beberapa kasus alergi matahari yang parah, dokter ahli juga meresepkan obat oral pada kulit.

Pencegahan Alergi Matahari
Cara terbaik untuk mencegah terjadinya alergi terhadap sinar matahari atau gejala lainnya adalah dengan melindungi diri dari paparan sinar UV secara tepat. Gunakan lotion sunscreen atau tabir surya dengan kadar SPF minimal 15 dengan broad spectrum protection dan pastikan juga menggunakan lip balm pada bibir dengan kadar SPF yang sama.
Nah! Maka dari itu, hati-hati jika Anda memiliki alergi matahari dan jangan lupa segera konsultasikan ke dokter ahli kulit agar masalah kulit dapat segera teratasi.(source skin.co.id)

GUNAKAN GDM BEAUTY SECRET UNTUK PERAWATAN KULIT ANDA. HUBUNGI MIA UMMU HAURA 087870287937
 

No comments:

Post a Comment

HOSTING

SKIN CARE DARI BAHAN ALAMI

SERUM 3 IN 1 GDM BEAUTY SECRET

KONSULTASI HUBUNGI MIA UMMU HAURA 07870287937    Kepedulian dari kaum wanita dalam memperhatikan penampilan kulit maupun wajah, mendoro...

POPULER